Seneng Banget Makan di JOGJA: 5 kuliner asli Jogja yang harus kamu coba

Kuliner Asli Jogja yang Harus Kamu Coba

Udah pernah coba kuliner apa aja di Jogja? Di Jogja ternyata bukan cuma Gudeg lho. Banyak makanan otentik Jogja yang patut dicoba juga. Antara lain 5 kuliner di bawah ini:

1. Lumpia Samijoyo
Kalau lagi jalan-jalan di Malioboro, selain beli oleh-oleh, coba mampir ke Lumpia Samijoyo. Lokasinya di deretan Ramayana Malioboro, depan deretan toko dekat Hotel Mutiara. Lumpia ini cukup terkenal – rasanya enak dan harganya pun bersahabat. Ada 2 jenis yang bisa kita pilih, Lumpia Ayam atau Lumpia Spesial (isi Ayam dan Telur Puyuh). Per potongnya hanya 4.000 & 4.500 rupiah (ini harga di akhir 2017). Di harga segitu kita dapat lumpia yang besar dan isinya pun padat, dengan kulit yang crispy. Isiannya ada suwiran ayam, sayur (toge & wortel) & telur puyuh. Jangan lupa kasih topping parutan lobak & bawang putih. Lumpia Samijoyo ini khas Jogja, sedikit beda dengan Lumpia Semarang karena tidak ada isian rebung. Dan memang tidak dijual dalam bentuk basah. Jangan kaget kalau kesini dan antriannya panjang. Pelayanannya cepat kok. Sambil tunggu lumpia pesanan digoreng, kita bisa menikmati suasana di Malioboro.
Lumpia Samijoyo.ย Jl. Malioboro no. 18. 8:00 – 21:00.

Lumpia Samijoyo

2. Warung Bu Ageng
Rumah makan milik seniman Butet Kertaredjasa ini ternyata punya makanan yang..wah ngangeni! Saya sempat pesimis ketika diajak kesini, jangan-jangan hanya karena lagi populer di film AADC2 terus makanannya biasa aja. Sampai pada akhirnya saya coba menu Nasi Campur disana. Ada berbagai macam pilihan topping untuk Nasi Campurnya. Ada Paru Ketumbar, Lele Njingkring, Lidah Semur, Ayam Suwir, Terik Daging Sapi. Nasi Campurnya sendiri sudah default, ada kering kentang, sambal tempe kacang panjang, suwiran tuna dan kerupuk gendar. Saya paling terkesan dengan Lidah Semur karena lidah sapinya dimasak sampai empuk dan bumbu semurnya meresap ke dalam. Lele Njingkringnya pun sangat khas makanan kampung Jogja – Lele Asap yang digoreng, memang agak kering dan cenderung keras tapi rasa asapnya luar biasa, bikin rindu kampung halaman saya di Bantul. Paru Ketumbar pun wajib dicoba – gorengan paru kering yang ditaburi osengan ketumbar. Hmmm nikmat disantap dengan nasi dan sambal tempe. Buat pecinta Duren, ada Bubur Duren hangat sebagai dessert juga di Warung Bu Ageng.
Warung Masakan Omah Bu Ageng.ย Jl. Tirtodipuran 13. 11:00 – 23:00 (untuk grup sebaiknya reservasi dulu).

Warung Bu Ageng Facadeย Warung Bu Ageng
3. Sate Klathak Pak Pong
Letaknya di Imogiri, Sate ini memang harus dicoba karena hits, legendaris, bikin ketagihan sekaligus melatih kesabaran. Jangan kaget kalau harus menunggu 2 JAM untuk pesanan datang! Saya bukan penggemar Sate Kambing makanya sempat bingung karena disini tidak ada menu yang bukan daging Kambing. Hanya ada Sate, Tongseng, Tengkleng dan Sup. Tapi untung saya coba, kalau engga wah nyesel deh. Saya pesan Tongseng Kambing dan Sate Kambing. Satenya per porsi hanya 2 tusuk, tusukannya unik yaitu dari besi (konon asalnya dulu dari besi roda sepeda). Sate Kambingnya dijamin – tidak bau prengus dan empuk sekali. Juicynya seperti daging domba import lho. Saya menyesal kenapa cuma pesan 1 porsi. Hahahha. Tapi jangan khawatir, 2 tusuk ini pun sudah mengenyangkan karena potongan dagingnya super tebal. Tusukan besinya pun bikin daging matang ke dalam dengan sempurna. Bumbu yang minimalis bikin rasa dagingnya semakin menonjol. Tongseng Kambingnya juga enak, tapi tetap Satenya yang juara! Supaya terasa semakin otentik Jogja, coba pesan minuman Teh Panas Manis yang disajikan dengan gula batu. Awas ketagihan!
Sate Klathak Pak Pong. Jl. Imogiri Timur Km 10. 09:00 – 23:30.
Sate Klathak 1
4. Kopi Klotok
Untuk yang tinggal di kota, bisa makan di tengah hamparan sawah pasti jadi pengalaman menarik. Di Kopi Klotok ini kita ibarat ‘numpang makan’ di rumah di tengah sawah. Kenapa? Karena Kopi Klotok ini benar-benar rumah yang di dapurnya disajikan baskom-baskom besar berisi lauk dan sayur. Sistemnya self service, tidak ada nampan, hanya tumpukan piring dan sendok garpu. Untuk sayurnya mayoritas Sayur Lodeh – Lodeh Kluwih, Lodeh Terong, Lodeh Tempe Lombok Ijo. Ada juga Sayur Asem. Lauknya ada Tempe Garit, Telor Krispi, Tahu Bacem. Jangan lupa pesan Pisang Goreng dan Kopi Hitamnya. Buat Nasi dan Sayur, boleh ambil sepuasnya di piring masing-masing, tetap dihitung 1 porsi. Sayur Lodeh Kluwihnya agak pedas, tapi santannya cenderung ‘kalem’ – tidak terlalu kental dan bumbunya terasa lebih dominan sehingga gurihnya pas. Coba makan dengan Tempe Garit, makin nikmat. Tempe Garit ini lebih tipis dan sangat gurih, sering disajikan di masakan rumahan Jogja. Rasanya? Beda dengan tempe di ibukota. Hahaha. Jagoan lain adalah Telor Krispi. Telor dadar kering yang super garing. Kriuknya bikin ketagihan, sampai-sampai antrian Telor Krispi dibuat terpisah dari antrian nasi dan sayur. Terakhir, coba tutup dengan minum Kopi Hitam khas Kopi Klotok. Pertama coba, bikin langsung melek! Kopinya kuat tapi rasanya menenangkan. Apalagi minumnya sambil memandang hamparan sawah.
Kopi Klotok. Jl. Kaliurang Km 16. 06:30 – 22:00

Kopi Klothok 2Kopi Klothok 3Kopi Klothok
5. Bakmi Jowo Mbah Gito
Ke Jogja pasti harus coba Bakmi Jowo, banyak sekali resto Bakmi Jowo yang bisa dipilih, dan biasanya semakin lokasinya menjauh dari kota rasanya semakin aseli dan otentik. Semua warung dan resto Bakmi Jowo punya ciri yang sama: antrinya lama. Kenapa? Karena dimasaknya dengan arang dan biasanya yang masak hanya 1-3 orang tergantung besar restonya. Bakmi Mbah Gito terletak di Kotagede, interior restonya dari kayu dan banyak signage yang lucu dan nyeleneh khas Jogja. Bakminya hanya Bakmi Kuning. Bisa pilih Bakmi Godog atau Bakmi Goreng. Biar ga penasaran, coba lah dua-duanya. Seporsi Bakmi isinya bakmi kuning, suwiran ayam, telur, kol dan daun bawang. Saya lebih suka Bakmi Gorengnya karena lebih ‘miroso’, Bakmi Godognya cenderung manis. Kuahnya seperti ada campuran udang keringnya. Acar timun pendampingnya pun sangat manis. Acarnya baru terasa enaknya setelah dimakan bersamaan dengan bakmi dan kuahnya. Untuk Bakmi Gorengnya rasanya lebih mantap dan ‘lebih Jogja’. Jujur, ini bukan bakmi jowo terbaik yang saya coba. Di kampung banyak yang lebih enak dan asli dari segi rasa. Tapi, ga salah donk kalau cobain makan disini supaya tidak penasaran!
Warung Bakmi Jowo Mbah Gito. Jl. Nyiageng Nis 9 Rejowinangun. 11:00 – 23:00.
Mbah Gito 2Mbah Gito 1Mbah Gito Facade
Nah itu dia 5 kuliner asli Jogja yang patut dicoba! Harap bersabar ketika menunggu antrian, nikmati suasana kota dan kampung di Jogja dengan hati bahagia. Ajak teman dan keluarga tercinta supaya semakin berkesan ๐Ÿ™‚
Yuk mlaku mlaku neng Jogja!

Advertisements

5 Things to do in Singapore on (EXTRA) low budget

There’s always something for everyone in Singapore. Apart from the fact that the city is safe, easy to get around and clean.

Here are 5ย Things to doย in Singapore with an extra tight budget (even tighter than Kim Kardashian’s dress ๐Ÿ˜€ #kidding).

1.Opt forย a low budget stay

Beary Best! hostel is always in my top list when looking for budget accommodation in Singapore (with super friendly staffs and lots of teddy bears ๐Ÿ˜€ ).ย For SGD 30/bed/night in ‘6 bed mixed dorm’ we can get all the facilities: 24 hours coffee, tea & hot chocolate (this always be my life saverย when running out of budget ๐Ÿ˜€ ), free WiFi, breakfast (toast, cereals, orange slices, milk – don’t forget to wash your own dishes), and of course comfortable and spacious bed.
The hostel is located just across MRT Station Chinatown exit F. For a video on how to get there, view this linkย https://youtu.be/ooIq3QNZMg4

Address: 16 Upper Cross Street – Nearest MRT: Chinatown – 24 Hours reception

bearybesthostel.com

20161204_215018ย ย 20161206_113939

2.ย Buy Singapore Tourist Pass

The Singapore Tourist Pass offers tourists unlimited travel on Bus and MRT trains. The 3 Days Pass costs SGD20 with additional of SGD10 refundable deposit. Buy and return the pass at Ticket Offices to get the deposit back. Remember that this pass is not valid for Sentosa train (check out no.5).ย Before buying the pass please check on the Ticket Offices’ location and opening hours in this linkย https://www.thesingaporetouristpass.com.sg/singapore-tourist-pass-faqs/#6

card1

3. Eat like locals – aim for hawker foods!

If you (seriously) want to keep your budget tight when visiting Singapore, aim for the hawker foods! For this trip I set a budget of SGD4 per meal and believe me it is totally possible ๐Ÿ˜€ Singapore has plenty choices of delicious and affordable local food. The perks of staying at Beary Best! hostel: itย is very close to the Chinatown Complex Market &ย Food Centre – one of the best and cheapest hawker food centre. Try the economical beehoon at Chang Ji Gourmet that cost only SGD1! At first glance the portion might looks small but when you start to eat it, you can see it’s actually enough to make you full ๐Ÿ˜€

These are some hawker food centres that can be included in your itinerary (i chose these from long list of hawker centres because they are the nearest to MRT Station):

  • Chinatown Complex market & Food Centre: MRT Station Chinatown, try Ye Ji Cooked Food for a portion of Economy Rice as low as SGD2 or Chang Ji Gourmet for Economy Beehoon, SGD1 only.
  • Maxwell Food Centre: MRT Station Chinatown, try Fuzhou Oyster Cake for SGD2 or Zhong Guo Jie Peanut Soup for SGD1, or the famous Tian Tian and Ah Tai Hainanese Chicken rice (but be patient with the queue).
  • Tiong Bahru Market: MRT Station Tiong Bahru, try the Tiong Bahru Fried Kwayteow for SGD2 and don’t forget the Jian Bo Chwee Kueh.
  • Albert Centre: MRT Station Bugis, just behind the Bugis Market; try the Li Fang Porridge (the fish porridge is DA BOMB!)
  • and last but not least: ย Changi Airport Staff Canteen ๐Ÿ™‚ for (still) a budget meal before and after your flight. You can find the Staff Canteen at T2 rooftop parking, it’s open for public, clean, lots of food choices with (of course) affordable price.

20161204_081832ย ย 20161205_091609ย ย 20161205_085304

 

4.ย Morning run around Marina Bay Sands and end in Merlion

So I found the easiest, cheapest and most practical way to visit the ‘MUST SEE’ (and ‘MUST TAKE SELFIE’) places in Singapore: morning run! Plan for an easy morning run – start from the Marina Bay Sands (alight at MRT Station Bayfront and head towards the outside of the MBS mall building), pass the Louis Vuitton Island, Art & Science Museum, Helix Bridge, Youth Olympic Park, Esplanade, The Fullerton, and ends at Merlion. If you start early in the morning, you can even see the sun shines at the back of Marina Bay Sands from the Youth Olympic Park. Another perk of visiting earlier is there will be not so many tourists who will easily make your Merlion selfie fails ๐Ÿ˜€ There is no locker nor shower here so I just brought my phone and money in a Spibelt. Check out this link for the run course map: http://www.justrunlah.com/running_route/marina-bay/

20161205_070412ย ย 20161205_072706ย ย 20161205_073408

 

5.ย Special offer Universal Studio Singapore (plus bring takeaway lunch)

A trip to Universal Studio Singapore can be the biggest lump in your budget plan — BUT there are few hacks that you can do to reduce and cut down the budget!

First

Tips for going to Sentosa for FREE: go through Sentosa Boardwalk; head to VIVO City Ground Floorย and look for the Sentosa Boardwalk signage, you can use the travelator to walk to Sentosa without paying SGD4 for the Sentosa Express train. The plus point is you can take beautiful selfies along the boardwalk, which is facing the harbour and surrounded by tropical landscapes. Just walk straight and follow the direction to Universal Studio.

Second

Look for special offer! Plan your trip ahead and look for special offer from market place websites, travel agents or (your country’s) local ticket agent. I bought at a tourist agent in Indonesia which was around 10 dollars cheaper than the published rate. Awesome laah…

Third

Bring takeaway lunch ๐Ÿ™‚ remember the Economy Rice i mentioned before? Buy Economy Rice for takeaway (if you want you may also bring your own lunchbox kit for a more convenient lunch time), bring some mineral water and bottled drinks and put them in the locker (SGD15 – the locker is quite spacious so you can share with friends and share the cost as well) before you enter the USS entrance gate. You can open the locker and lock it again at anytime. This can cut down your cost up to SGD20 and you can still have a decent meal.

SO…with all those 5 hacks, I managed to keep my last trip to Singapore (4 days 3 nights) at an extra low budget. We spend IDR 3,000,000 (around SGD 323) which already includes flight (Air Asia), accommodation (Beary Best! hostel), Universal Studio Singapore, Singapore 3 days Tourist Pass, visiting (almost) all the tourist objects (Merlions, Gardens by the Bay, Marina Bay Sands mall, USS, Siloso Beach, Art Science Museum, Haji Lane, Kampong Glam, shopping at Bugis market, Orchard, etc.).

Not bad at all! ๐Ÿ˜€

 

 

Seneng Banget Makan di: SEMARANG, Jawa Tengah

Liburan ke Semarang, enaknya makan apa ya? Itu pertanyaan pertama saya ketika saya dan teman-teman akhirnya secara dadakan memutuskan ke Semarang setelah pulang dari wisata Dieng. (Sedikit foto dari kawasan wisata Dieng dan sekitarnya boleh yah..buat teaser :D)

image

image

image

image

image

Nah, berhubung kita hanya mampir sebentar ke Semarang, langsung deh kita cari-cari tempat makan yang sudah pasti dijamin enak ๐Ÿ˜€ supaya tidak mengecewakan.

SARAPAN:ย Oke kita mulai dengan makanan yang enak buat sarapan di Semarang. Teman kita yang memang penghuni Semarang ngotot ngajak makan pecel. Saya sih jujur ga begitu semangat karena ga terlalu suka pecel. Tapi ya sudah deh yuk kita coba!

Kita diajak ke Pecel Bu Sumo di Jl. Kyai Saleh No.8. Tempatnya kecil, dan di depannya tampak beberapa ibu sibuk bersihin daun bayam bahan utama si pecel. Jadi ternyata kalau mau makan di Pecel Bu Sumo ini kita bisa pilih Nasi Pecel Komplit (isi rebusan bayam, kacang panjang, kol dan tauge lengkap dengan saus kacang encer; buat yang ga suka salah satu sayur ini bisa bilang ke Mas-nya) dan bisa tambah lauk yang ada di lemari kaca.

image

Pilihan lauknya cukup lengkap mulai dari Telor Ceplok, Telor Pindang, Iso, Sate Jamur Tiram, Pepes Kakap, dan lain-lain. Selain lauk, kita juga bisa tambah gorengan yang tersedia di meja. Pilihan saya jatuh ke Nasi Pecel Komplit dengan Telor Pindang dan Sate Jamur, plus tempe goreng (mendoan) dan krupuk putih.

image

Jujur awalnya saya memang ga terlalu suka Pecel karena berdasarkan pengalaman, bumbu pecel itu pedas dan bau kencur. Nah saya cobain aja deh langsung Pecel Bu Sumo ini. Dan..oh…ternyata…Pecelnya ini ENAK BANGET! Bumbu kacangnya encer ga terlalu pedas (kalau mau pedas bisa tambah sambel) dan yang penting ga terlalu berbau kencur, sayurnya bersih dan segar, gorengannya renyah dan saya juga suka sate jamurnya. Beberapa suap, saya pun langsung minta tambah nasi dan tambah bumbu kacang. Jujur, ini adalah pertama kalinya saya suka Nasi Pecel Sayur, bahkan bisa sampe ketagihan ๐Ÿ˜€


image

MAKAN SIANG: jam makan siang di Semarang kalau menurut saya ada 1 hal yang amat sangat dibutuhkan: ES atau MINUMAN DINGIN. Semarang panasnya luarrr biasa ๐Ÿ˜€ Kita pun diajak teman ke Segitiga Erlangga yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari Simpang Lima. Disana kita bisa makan Tahu Gimbal Pak Rahmat khas Semarang dan cobain Es Duren!

image
image
image

image

image

Apa itu Tahu Gimbal? Tahu Gimbal kurang lebih seperti Kupat Tahu Magelang. Hanya saja Tahu Gimbal isinya adalah tahu putih goreng, gimbal (bakwan udang), lontong, telor ceplok, toge, kol, bumbu kacang dan kerupuk. Tahu Gimbal Pak Rahmat ini memang benar enak, pantesan rame ๐Ÿ˜€ tapi buat yang ga bisa makan pedas sebaiknya minta jangan yang pedas. Kalau makan disini jangan lupa minta tambahan kerupuk buat ngabisin bumbu kacangnya ๐Ÿ˜€ sebagai pasangan Tahu Gimbal kita pesen juga Es Duren. Mantap!!


image

NGOPI SORE: di Semarang sekarang ada 1 cafe baru yang sedang hits dibicarakan, yaitu Nestocology. Sang owner, Chef Ernest, adalah putra dari Ibu Anne Avantie designer Indonesia yang super kondang itu. Nah kalau mau ke Nestcology bisa langsung ke daerah Semarang atas, nanti lokasinya dekat Universitas Bank Mandiri.

image

image

image

Nestcology punya ciri khas yaitu bangunannya hitam dan berinterior kayu, lengkap dengan detail dekor yang wow..sophisticated ๐Ÿ™‚ untuk ngopi sore paling enak pilih tempat di lantai 2.

image

Untuk pecinta kopi, jangan khawatir kalau kesini. Nestcology is one of the best and trusted places that you can go to for coffee reference and tasting. Pilihan kopi di buku menunya mungkin terlihat ga banyak, tapi coba deh minta barista disana untuk kasih option dan jelaskan macam-macam minuman kopi disana. Pilihannya wow banyak banget! Setelah mendengar penjelasan dari sang barista, kita mengorder Kopi Tiwus dengan metode pembuatan V60 dan Kopi Bali Rasuna dengan metode pembuatan Syphon.

image

image

image

image

Jujur saya sih salut dengan owner dan barista disini karena mereka memang benar-benar paham soal kopi. Oke datanglah pesanan kita. Buat metode Syphon, prosesnya cukup unik. Bubuk kopi dimasukkan ke bagian atas alat Syphon, sementara di bawahnya ada air yang dipanaskan dengan api. Kelebihan metode Syphon ini adalah flavor minuman kopi yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan body-nya pun lebih bold. Sementara itu si kopi Tiwus yang dibuat dengan proses V60 memang terkesan lebih mild dan tidak terlalu kuat flavornya. All in all, Nestcology sangat recommended untuk pecinta kopi yang lagi jalan-jalan ke Semarang ๐Ÿ™‚


image

MAKAN MALAM: kemarin ini kita menginap di salah satu hotel budget di dekat Simpang Lima Semarang. Namanya Hotel Sumi; hanya dengan 320.000/malam kita sudah bisa dapat kamar yang cukup nyaman. Nah dekat hotel pun banyak tempat makan yang seru. Salah satunya adalah kawasan Pujasera Simpang Lima, yang mengelilingi 4 sisi kawasan Simpang Lima. Pilihannya banyak banget! Tapi malam ini pilihan kita jatuh ke Nasi Ayam Bu Widodo. Mulai buka dari jam 9 malam, Nasi Ayam ala lesehan ini benar-benar banyak peminatnya. Nasi Ayam Semarang ini kurang lebih mirip dengan Nasi Liwet Solo. Nasi, disiram dengan sayur pepaya muda, ayam suwir, areh, sambel krecek, telur pindang dan ayam kuning (bisa pilih dada, paha, kepala, ceker). Jangan lupa beli krupuk putih juga biar tambah mantep. Nasi Ayam ini rasanya bisa dibilang ‘santai’ ๐Ÿ˜€ santannya ga terlalu kental, rasa keseluruhan makanan juga bisa dibilang tidak terlalu kuat tapi pas, gurih, asin, sedikit manis, nyamleng lah pokoknya ๐Ÿ˜€ ย Nasi Ayam Bu Widodo ini adanya di kawan wisata kuliner Pujasera Simpang Lima (dekat McD).

image

image

image

image

Berhubung kita ga ada kenyangnya, selesai makan Nasi Ayam Bu Widodo kita langsung cobain seafood, masih di kawasan Simpang Lima. Disini banyak banget pilihan Seafood, tapi kalau ke Semarang saran saya jangan lupa makan Srimping goreng. Kerang yang yah kurang lebih mirip-mirip Scallop lah kalo di restoran ๐Ÿ˜€ biar tambah puas bisa juga pesen Kerang Dara goreng.
image

image

image

OLEH-OLEHย : sebelum pulang boleh dong belanja oleh-oleh dulu. Nah kalau ke Semarang kalau menurut saya sih yang mesti dibawa untuk oleh-oleh adalah Bandeng Presto Juwana, Mochi Gemini, Tahu Bakso dan Lumpia Semarang. Dimana belinya?? Banyak!! ๐Ÿ˜€ di Semarang kotanya sendiri ada beberapa tempat Bandeng Juwana (selain bandeng jual oleh-oleh yang lain juga). Kalau ga sempet beli, jangan sedih, di airport juga ada ๐Ÿ˜€

Selesai sudah acara wiskul kita di Semarang. Menyenangkan dan mengenyangkan sekali lohhh ๐Ÿ˜€

Seneng Banget Makan di: Sangkan Hurip 2 PUNCLUT Bandung

image

Kalau suka hangout di Bandung pasti tau donk daerah PUNCLUT. Punclut, atau Puncak Ciumbuleit, adalah daerah di utara Bandung yang (katanya) disukai penduduk lokal maupun turis karena udaranya yang dingin dan banyak terdapat deretan resto Sunda ala lesehan.

image

Ketika sampai di Punclut saya langsung bingung karena banyak sekali pilihan resto lesehan dan kalau menurut saya sih..menunya sama semua! ๐Ÿ˜€ tapi ternyata ada sedikit tips dari teman yang sudah sering ke sana: cobain makan di resto Sangkan Hurip 2. Tempatnya luas, terang dan lebih bersih.

image

image

image

Saat masuk ke resto ini kita akan langsung bertemu sederet lemari kaca yang penuh akan berbagai macam lauk, mulai dari aneka pepes, belut goreng, tahu tempe, sampai si ‘harum’ jengkol.

Disini kita juga bisa memilih nasi antara Nasi Putih, Nasi Merah dan Nasi Hitam. Untuk sambal dan lalap pun juga tersedia, atau bisa juga kalau kita lebih tertarik untuk memesan Sayur Asam.

Tapi sedikit tips dari saya kalau kesini di weekend, harap sabar karena resto ini sangat besar dan ramai dipenuhi ABG Bandung tapi sayangnya staff yang melayaninya terlalu sedikit, jadi kalah jumlah. Ada baiknya juga kita tunggu sampai pasti semua pesanan disiapkan karena kalau tidak, bisa jadi si kasir lupa sama pesanan kita.

image

image

Saya dan teman-teman memesan Nasi Hitam, Tahu, Tempe, Ayam Goreng, Babat Goreng, Ikan Jambal Roti, Belut Goreng, Lalap, Sayur Asem dan..banyak lagi yang lainnya ๐Ÿ˜€

Setelah menunggu cukup lama pesanan kita mulai datang satu per satu. Untuk rasa makanannya menurut saya standar makanan Sundaan. Tapi sayangnya Sayur Asem disini bumbunya kurang mantap.

image

Tapi yang seru dari makan disini adalah pilihan lauk kita tadi itu akan digoreng lagi, jadi deh makannya panas-panas ๐Ÿ˜€ dan yang bikin lebih seru lagi sih sebenarnya kalau kesini sama teman-teman. Makan lesehan, heboh pake acara kepdesan rame-rame. Habis makan bisa santai selonjoran ๐Ÿ˜€

Seneng Banget Makan di: BLANCO Coffee & Books, Jogjakarta

image

Jogja di malam hari, hujan, hmmm enaknya ngopi-ngopi kece ๐Ÿ˜€

Pertemuan saya dengan Blanco Coffee & Books berawal dari rasa penasaran, kepengen jadi Anak Gaul Jogja ๐Ÿ˜€

image

Ternyata Blanco Coffee & Books ini memang lagi hits banget di kalangan mahasiswa dan anak-anak muda Jogja. Tempatnya yang Instagram-able banget dan kopinya yang konon katanya juga boleh diadu, membuat cafe yang satu ini jadi tempat tongkrongan favorit baru.

image

image

Lokasi Blanco dekat dengan Tugu Jogjakarta dan Pasar Kranggan. Tempatnya minimalis tapi memang selalu dipadati oleh anak-anak muda Jogja..kece lah pokoknya ๐Ÿ™‚

image

image

Blanco Coffee & Books memang beda dengan cafe-cafe biasanya karena selain menyediakan kopi, mereka juga menyediakan sederet buku yang bisa kita baca di tempat. Kurang lebih seperti Reading Room di Jakarta.

image

Untuk kopinya saya pesan The Hamingway dan Chocolate Croissant. Sebenarnya tadinya mau pesan Apple Slippers tapi sayangnya sold out ๐Ÿ˜ฆ

image

The Hamingway termasuk salah satu special menu disini. Isinya adalah triple shots Espresso dengan susu. Kalau menurut saya, kopinya ENAK BANGET!! ๐Ÿ˜€ Setelah saya tanya ke baristanya ternyata mereka punya House Blend sendiri yang menggunakan pure Arabica coffee beans. Memang kalau diperhatikan The Hamingway ini wangi banget tapi rasanya tidak terlalu asam dan agak sedikit earthy.

image

image

Chocolate Croissant saya pilih sebagai pendamping The Hamingway. Croissantnya lumayan enak, pas dipotong langsung meleleh filling coklatnya. Yummy!

Next time saya ke Jogja dan butuh me time sesudah seharian meeting, kayaknya bakal balik ke Blanco Coffee & Books lagi ni ๐Ÿ˜€

Blanco Coffee & Books: Jl. Kranggan No. 30 Yogyakarta / Senin-Kamis 07.00-01.00 Jumat-Sabtu 13.00-01.00 / Payment: Cash, Debit, Credit

Seneng Banget Makan di: Sop Sumsum Pak Kayin, Malang

image

Sensasi menyeruput Sumsum pakai sedotan ๐Ÿ˜€ SRUPUUUUTTTT ~~~

Anak gaul Malang pasti udah pada tau donk Sop Sumsum Pak Kayin yang lagi hitz banget ini?
image

Sop Sumsum Pak Kayin ini memang sedang naik daun di Malang. Rasanya yang enak dengan harga bersahabat bikin warung yang satu ini ramai terus. Apalagi pas jam makan siang. Wah siap-siap bersabar ya karena memang kuliner yang satu ini peminatnya banyak. Dan jangan heran kalau banyak mahasiswa/i yang makan siang disini. Sop Sumsum Pak Kayin ini memang berlokasi dekat kampus, tepatnya masuk ke dalam gang daerah perumahan. Kalau ga perhatiin jalan mungkin ga nemu warung yang satu ini ๐Ÿ˜€
image

Lokasinya yang kecil nyempil bukan berarti kualitas dan ukuran makanannya ‘kecil’ juga. Di warung ini memang pilihan menunya ga banyak, tapi trust me, rasa makanannya terutama Sop Sumsumnya patut diandalkan ๐Ÿ™‚

Pas kesini saya hanya memesan Sop Sumsum Biasa dan Nasi Putih. Minumnya yang mantap, Es Jeruk ๐Ÿ˜€

image

Yang unik disini memang Sop Sumsum-nya. Satu porsi berisi satu tulang sapi besar, lengkap dengan sumsum dan tentunya kuah sop yang ada sedikit wortel dan teman-temannya.
image

image

Selain dikasih sendok garpu, kita juga akan dikasih sedotan untuk menyeruput sumsum dari dalam tulang. Bingung gimana cara makannya? Jangan sedih ๐Ÿ˜€ ada tutorialnya lohhhh ๐Ÿ˜€
image

image

Bukan cuma tutorial makan sop sumsum, kita disini juga bisa baca penjelasan manfaat konsumsi Sumsum ๐Ÿ˜€
image

Rasa Sop Sumsum ini benar-benar segar, kuah sopnya pun termasuk gurih tapi ‘santai’ alias ga terlalu ribet banyak campuran rasa bumbu. Lebih seru lagi karena dimakan dengan nasi putih panas plus taburan bawang goreng. Hadeuuuuuhhhh juara deh!! ๐Ÿ˜€

image

Buat yang gregetan karena sumsum yang didalam tulang susah dikeluarin, nah bisa juga pakai trik siramin kuah sop ke dalam tulangnya ๐Ÿ˜€
image

All in all Sop Sumsum Pak Kayin ini emang hacepppp! Pantes aja langsung jadi trend kuliner baru di Malang. Nah, buat yang mau ke Surabaya atau Malang, jangan lupa ya mampir di Sop Sumsum Pak Kayin ๐Ÿ™‚

Sop Sumsum Pak Kayin: Jl. Cengger Ayam 1 No. 10 Malang / Payment: Cash

Seneng Banget Makan di: Soulfood by Nanduto, Kemang

Cuma di Soulfood kita bisa makan Kembulan ala Jakarta!

image

Kembulan? Apa tu maksudnya? Dalam bahasa Jawa, makan Kembulan artinya adalah makan bersama dalam satu wadah. Mungkin kalau di bahasa ‘sekarang’ kita biasa bilang sharing ๐Ÿ˜€

image

image

image

image

Soulfood ini sebelum populer di Jakarta, sebenarnya justru mulai dari kota Jogjakarta. Saya pertama kali tau resto ini justru dari adik yang memang suka kulineran di Jogja.

image

image

image

 

Cuma di Soulfood kita bisa cobain Indonesian comfort food ala Kembulan. Makanan yang disajikan disini dan suasana restonya benar-benar membuat kita merasa di rumah. Nyaman, santai dan serunya lagi dekorasi restonya memberikan kesan vintage ala Indonesia ๐Ÿ˜€ jadoel lah pokoknya.

image

image

Yang wajib dipesan kalau ke Soulfood pasti lah menu Kembulan platter-nya. Kembulan Lunch Platter jadi pilihan pertama saya dan teman-teman. Biar tambah seru, kita juga pesan Cumi Item.

image

image

Sambil nunggu pesanan datang, kita pun tergoda pesan cemilan. Laper banget sis?? ๐Ÿ˜€ kita pesan Lepet Oncom. Soalnya konon katanya Oncom disini pecahhh enaknya ๐Ÿ˜€

Dan ternyata memang bener sih! Lepet yang plain tanpa isi ini pas banget dipasangkan dengan tumisan oncom yang sesikit pedas dan wangi kemangi. Sebagai cemilan, Lepet Oncom ini benar-benar satisfying.

image

image

Akhirnya datang juga si Kembulan Lunch Platter dan Cumi Item. Whewww porsinya bener-bener for share. G E D E banget! ๐Ÿ˜€

Satu porsi lunch platter ada Nasi (karena Nasi Cumi abis kita dapetnya Nasi Putih), Ayam Gejrot Kecombrang, Daging Suwir Kemangi, Tempe Jambal, Udang Jambal Merah (pengganti Sayur Bengkel), Acar Nanas Kecombrang dan Sambel Kedondong.

Sebenernya agak sedih sih karena banyak item yang ga ada. But anyways, let’s enjoy our Kembulan lunch! Buat teman-teman yang biasa suka makan ala Western, nah kalau makan disini harus membuka hati, menajamkan lidah dan let your taste bud explores all this goodness! Kalau buat saya pribadi, saya sih SUKA BANGET!! ๐Ÿ˜€

image

image

Semua sides yang ada di Kembulan Lunch Platter ini enak pake banget! Ayam Kecombrangnya spicy dan wangi kecombrang, salah satu bumbu khas Indonesia yang patut kita lestarikan. Daging Kemanginya juga wangi, halus dan sedap. Belum lagi ketemu dengan si Cumi Item. Cumi yang dimasak bersama tintanya, rasanya sangat gurih dan flavornya intense banget. Dicampur dengan nasi putih, diaduk aduk, wowww jadi deh Nasinya gurih banget ๐Ÿ™‚

Makan Kembulan Lunch Platter ini emang ngenyangin banget dan buat ber-3 juga masih berlebih lauknya. Tenang aja, tinggal tambah nasi kok ๐Ÿ˜€

image

Berhubung perut kita ga ada kenyangnya, kita pesan lagi 1 menu andalan Soulfood: Bakso Dorokdok! Semangkuk bakso panas ngepul yang dikasih kerupuk kulit dan mie kuning. Aduh, enaaaaak banget ๐Ÿ˜€ rasa kuah kaldunya light, basonya gurih apalagi ketemu dorokdok yang jadi kenyal karena kena kuah.

Last but not least, untuk minumnya kemarin kita pesan Es Kolang Kaling Jeruk Nipis dan Es Kopi Londo. Es Kolang Kalingnya pas banget buat Jakarta yang gerah gerah gimana gitu.:D segerrrrr.

image

image

image

Soulfood memang pas banget dijadiin tempat makan bareng bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Sang chef owner masih ikut sibuk melayani customer, sibuk juga menebar senyum. Bikin tempat ini jadi makin homey dan kesannya warm banget ๐Ÿ™‚

Soulfood by Nanduto is one of the best new resto in Jakarta in 2015! Wajib cobain makan disini! ๐Ÿ˜€

Soulfood by Nanduto: Jl. Kemang Raya No. 72 (Centra Kemang 72)-Kemang, South Jakarta / Ph:ย +62 81296528072 10:30-22:00 / Payment by: Cash/Credit/Debit