Seneng Banget Makan di: SEMARANG, Jawa Tengah

Liburan ke Semarang, enaknya makan apa ya? Itu pertanyaan pertama saya ketika saya dan teman-teman akhirnya secara dadakan memutuskan ke Semarang setelah pulang dari wisata Dieng. (Sedikit foto dari kawasan wisata Dieng dan sekitarnya boleh yah..buat teaser :D)

image

image

image

image

image

Nah, berhubung kita hanya mampir sebentar ke Semarang, langsung deh kita cari-cari tempat makan yang sudah pasti dijamin enak πŸ˜€ supaya tidak mengecewakan.

SARAPAN:Β Oke kita mulai dengan makanan yang enak buat sarapan di Semarang. Teman kita yang memang penghuni Semarang ngotot ngajak makan pecel. Saya sih jujur ga begitu semangat karena ga terlalu suka pecel. Tapi ya sudah deh yuk kita coba!

Kita diajak ke Pecel Bu Sumo di Jl. Kyai Saleh No.8. Tempatnya kecil, dan di depannya tampak beberapa ibu sibuk bersihin daun bayam bahan utama si pecel. Jadi ternyata kalau mau makan di Pecel Bu Sumo ini kita bisa pilih Nasi Pecel Komplit (isi rebusan bayam, kacang panjang, kol dan tauge lengkap dengan saus kacang encer; buat yang ga suka salah satu sayur ini bisa bilang ke Mas-nya) dan bisa tambah lauk yang ada di lemari kaca.

image

Pilihan lauknya cukup lengkap mulai dari Telor Ceplok, Telor Pindang, Iso, Sate Jamur Tiram, Pepes Kakap, dan lain-lain. Selain lauk, kita juga bisa tambah gorengan yang tersedia di meja. Pilihan saya jatuh ke Nasi Pecel Komplit dengan Telor Pindang dan Sate Jamur, plus tempe goreng (mendoan) dan krupuk putih.

image

Jujur awalnya saya memang ga terlalu suka Pecel karena berdasarkan pengalaman, bumbu pecel itu pedas dan bau kencur. Nah saya cobain aja deh langsung Pecel Bu Sumo ini. Dan..oh…ternyata…Pecelnya ini ENAK BANGET! Bumbu kacangnya encer ga terlalu pedas (kalau mau pedas bisa tambah sambel) dan yang penting ga terlalu berbau kencur, sayurnya bersih dan segar, gorengannya renyah dan saya juga suka sate jamurnya. Beberapa suap, saya pun langsung minta tambah nasi dan tambah bumbu kacang. Jujur, ini adalah pertama kalinya saya suka Nasi Pecel Sayur, bahkan bisa sampe ketagihan πŸ˜€


image

MAKAN SIANG: jam makan siang di Semarang kalau menurut saya ada 1 hal yang amat sangat dibutuhkan: ES atau MINUMAN DINGIN. Semarang panasnya luarrr biasa πŸ˜€ Kita pun diajak teman ke Segitiga Erlangga yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari Simpang Lima. Disana kita bisa makan Tahu Gimbal Pak Rahmat khas Semarang dan cobain Es Duren!

image
image
image

image

image

Apa itu Tahu Gimbal? Tahu Gimbal kurang lebih seperti Kupat Tahu Magelang. Hanya saja Tahu Gimbal isinya adalah tahu putih goreng, gimbal (bakwan udang), lontong, telor ceplok, toge, kol, bumbu kacang dan kerupuk. Tahu Gimbal Pak Rahmat ini memang benar enak, pantesan rame πŸ˜€ tapi buat yang ga bisa makan pedas sebaiknya minta jangan yang pedas. Kalau makan disini jangan lupa minta tambahan kerupuk buat ngabisin bumbu kacangnya πŸ˜€ sebagai pasangan Tahu Gimbal kita pesen juga Es Duren. Mantap!!


image

NGOPI SORE: di Semarang sekarang ada 1 cafe baru yang sedang hits dibicarakan, yaitu Nestocology. Sang owner, Chef Ernest, adalah putra dari Ibu Anne Avantie designer Indonesia yang super kondang itu. Nah kalau mau ke Nestcology bisa langsung ke daerah Semarang atas, nanti lokasinya dekat Universitas Bank Mandiri.

image

image

image

Nestcology punya ciri khas yaitu bangunannya hitam dan berinterior kayu, lengkap dengan detail dekor yang wow..sophisticated πŸ™‚ untuk ngopi sore paling enak pilih tempat di lantai 2.

image

Untuk pecinta kopi, jangan khawatir kalau kesini. Nestcology is one of the best and trusted places that you can go to for coffee reference and tasting. Pilihan kopi di buku menunya mungkin terlihat ga banyak, tapi coba deh minta barista disana untuk kasih option dan jelaskan macam-macam minuman kopi disana. Pilihannya wow banyak banget! Setelah mendengar penjelasan dari sang barista, kita mengorder Kopi Tiwus dengan metode pembuatan V60 dan Kopi Bali Rasuna dengan metode pembuatan Syphon.

image

image

image

image

Jujur saya sih salut dengan owner dan barista disini karena mereka memang benar-benar paham soal kopi. Oke datanglah pesanan kita. Buat metode Syphon, prosesnya cukup unik. Bubuk kopi dimasukkan ke bagian atas alat Syphon, sementara di bawahnya ada air yang dipanaskan dengan api. Kelebihan metode Syphon ini adalah flavor minuman kopi yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan body-nya pun lebih bold. Sementara itu si kopi Tiwus yang dibuat dengan proses V60 memang terkesan lebih mild dan tidak terlalu kuat flavornya. All in all, Nestcology sangat recommended untuk pecinta kopi yang lagi jalan-jalan ke Semarang πŸ™‚


image

MAKAN MALAM: kemarin ini kita menginap di salah satu hotel budget di dekat Simpang Lima Semarang. Namanya Hotel Sumi; hanya dengan 320.000/malam kita sudah bisa dapat kamar yang cukup nyaman. Nah dekat hotel pun banyak tempat makan yang seru. Salah satunya adalah kawasan Pujasera Simpang Lima, yang mengelilingi 4 sisi kawasan Simpang Lima. Pilihannya banyak banget! Tapi malam ini pilihan kita jatuh ke Nasi Ayam Bu Widodo. Mulai buka dari jam 9 malam, Nasi Ayam ala lesehan ini benar-benar banyak peminatnya. Nasi Ayam Semarang ini kurang lebih mirip dengan Nasi Liwet Solo. Nasi, disiram dengan sayur pepaya muda, ayam suwir, areh, sambel krecek, telur pindang dan ayam kuning (bisa pilih dada, paha, kepala, ceker). Jangan lupa beli krupuk putih juga biar tambah mantep. Nasi Ayam ini rasanya bisa dibilang ‘santai’ πŸ˜€ santannya ga terlalu kental, rasa keseluruhan makanan juga bisa dibilang tidak terlalu kuat tapi pas, gurih, asin, sedikit manis, nyamleng lah pokoknya πŸ˜€ Β Nasi Ayam Bu Widodo ini adanya di kawan wisata kuliner Pujasera Simpang Lima (dekat McD).

image

image

image

image

Berhubung kita ga ada kenyangnya, selesai makan Nasi Ayam Bu Widodo kita langsung cobain seafood, masih di kawasan Simpang Lima. Disini banyak banget pilihan Seafood, tapi kalau ke Semarang saran saya jangan lupa makan Srimping goreng. Kerang yang yah kurang lebih mirip-mirip Scallop lah kalo di restoran πŸ˜€ biar tambah puas bisa juga pesen Kerang Dara goreng.
image

image

image

OLEH-OLEHΒ : sebelum pulang boleh dong belanja oleh-oleh dulu. Nah kalau ke Semarang kalau menurut saya sih yang mesti dibawa untuk oleh-oleh adalah Bandeng Presto Juwana, Mochi Gemini, Tahu Bakso dan Lumpia Semarang. Dimana belinya?? Banyak!! πŸ˜€ di Semarang kotanya sendiri ada beberapa tempat Bandeng Juwana (selain bandeng jual oleh-oleh yang lain juga). Kalau ga sempet beli, jangan sedih, di airport juga ada πŸ˜€

Selesai sudah acara wiskul kita di Semarang. Menyenangkan dan mengenyangkan sekali lohhh πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s