J.B. Ah Meng Singapore – Michelin star resto

Aku sering banget dapat pertanyaan dari temen-temen: “makan apa sih yang enak di Singapore?”. Pertanyaan ini sebenernya agak susah dijawab, karena menurutku di Singapore makanannya banyak yang enak dan authentic.

Ada satu resto yang selalu aku recommend: J.B. Ah Meng. Resto ini mendapatkan 1 Michelin Star. Wow! “Mahal ya? Emang makan apaan disana?”

Mahal ya? Jawabannya: relatif. Kalo dibandingin sama resto seafood sekelas Jumbo, J.B. Ah Meng lebih murah. Makan apaan disana? Intinya sih dia resto Zi Char atau Chinese food yang biasanya untuk makan sekeluarga. Tapi menu yang WAJIB dipesen disana adalah San Lou Beehoon alias burnt beehoon (bihun gosong) dan Chilli Crab (plus mantau).

Trip aku kali ini ke Singapore ceritanya wisata kuliner bareng 10 orang Chef dari hotel bintang 5 Jakarta, ya pasti kalau nyariin dinner buat mereka harus yang impressive, secara taste mereka ga ngalay kayak aku. Hahahaha… (kalo aku sih emang anaknya laperan).

20180425_185934

Cara kesananya gampang banget, bisa naik MRT turun di stasiun Aljunied sekitar 750m (sepanjang jalan banyak tukang duren). J.B. Ah Meng ini baru pindah lokasi, restonya sekarang lebih besar dan lebih bagus. Kalau dulu beneran di dalem gang gitu. Yang sekarang alamatnya di Geylang Lorong 30. Adanya di pojokan dan signnya warna merah lumayan gede. Kalau menurut aku, lokasi yang sekarang lebih proper kalau kita mau bawa tamu even untuk yang urusan bisnis sekalipun.

Kita sampai sana sekitar jam 6 sorean dan untungnya masih belum antri jadi bisa bebas duduk dimana aja. Kalau datengnya lebih malem lagi bisa ga dapet tempat duduk. Tanpa berbasa-basi langsung kita pesen: San Lou Beehoon , Chilli Crab, White Pepper Crab, Mantau, Three Delicacy Beancurd, Stir Fried Lala, sayur dan nasi. Hampir semua menu makanannya bisa pilih ada 3 ukuran SML kayak baju. Hehehe.

Jangan kaget karena waitress disana jarang ada yang bisa bahasa Inggris, cuma ada 1-2 orang yang masih bisa English dikit-dikit. Tapi yaa dengan sedikit bahasa Tarzan bisa lah orderan kita dia mengerti.

San Lou Beehoon – bihun goreng yang disajikan dengan gosong dan lepek kayak pancake. Hahahah. Sumpah tampilannya ga menjanjikan banget. Tapi justru inilah menu yang membawa J.B. Ah Meng jadi resto berbintang Michelin. Bihun gorengnya ini enak banget, di dalamnya ada telur, udang dan cumi. Kalo istilah Singaporenya you can taste the wok hei alias gurih-gurih wangi gorengan. Dan wangi smoky akibat gosongnya itu beneran bikin nagih! Must try.

20180425_193450

Chilli Crab & White Pepper Crab – kepiting disini memang bukan yang gede banget, tapi 2 menu ini beneran cooked properly dan juicy kepitingnya masih berasa. Aku lebih rekomendasiin yang Chilli Crab daripada yang White Pepper. Karena yang White Pepper lebih pedes tapi pedesnya ganggu, sampai overpowering rasa manis daging kepitingnya. Kalau yang saus Chilli Crab ini rasanya..mmmmm enak banget apalagi dijadiin cocolan mantau. Fyi roti mantau mereka pun enak banget – ga kayak kalo kita beli yang frozen di supermarket.

20180425_193654

Stir Fried Lala – alias kerang batik ditumis pakai bawang putih dan cabe. Menu ini wajib dipesan buat appetizer. Kerangnya fresh banget, manis dan endut-endut (kayak aku..jadi berasa ketemu jodoh :p ).

20180425_192844

Three Delicacy Beancurd – tahu sutra yang digoreng dan disiram pakai tumisan sayur dan jamur. Kuahnya kental gitu dan gurih banget. Jujur ni ya, aku pesen 3 porsi yang small buat kita ber 12 tapi rasanya itu tahu pengen aku abisin semua sendiri. Abis enaaaaak banget 😀

Setelah makan disana, 10 Chef yang aku ajak ini mengakui: this is a recommended one dan pantesan ajaaa dapet Michelin star. Sampai-sampai Chef Ferran Adria yang terkenal itu juga makan disini lhooo. Kalau dari Indonesia ada oom William Wongso, yang fotonya sampai dipajang di resto J.B. Ah Meng ini.

Untuk urusan harga, kita per orang kena sekitar SGD25 nett udah termasuk minum. Oh ya buat temen-temen yang tanya ini restonya Halal ga? Jawabannya: engga. Karena mereka juga ada menu pork (aku ga pernah pesen sih) dan ada alkohol. All in all aku akan selalu rekomendasiin J.B. Ah Meng buat temen-temen yang mau ke Singapore.

J.B. Ah Meng: 534 Geylang Road Lorong 30
05:00pm – 03:00am

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s